Getas (TIDAK) Keras-Part 1

Hari Pertama PU PHL 2018: Disambut oleh Soto!

Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM tingkat akhir pasti sudah tidak asing dengan PU PHL (Praktek Umum Pengelolaan Hutan Lestari). Yaps, PU PHL atau lebih akrab disebut dengan PU Getas merupakan praktikum puncak selama kuliah di fakultas kehutanan. Pada tanggal 25 Juni 2018 hingga 18 Juli 2018 Irma melakukan PU tersebut lho. Wah pantas blognya diem-diem bae :p

Acaranya ngapain aja Ir?

Capek gak?

Pasti berat ya?

Kalau capek ya pasti, tapi tidak seseram apa yang ada dipikiran Irma kok 🙂 Alias ekspektasi jauh dari realita. Kata beberapa orang yang sudah melaksanakan Getas mereka bilang susah, capek banget, berat pokoknya, dan lain-lain. Tapi menurut Irma, tidak semua yang diomongkan mereka itu benar. Fine-fine saja broo.. Shantuyy… Oke daripada makin penasaran, Irma mulai saja cerita mengenai PU Getasnya!

Pada PU Getas kali ini dibagi menjadi 2 gelombang, dan kebetulan Irma masuk di gelombang pertama. Kami berangkat dari Jogja menggunakan bus. FYI, Getas itu merupakan nama desa dimana kami melakukan praktek selama 24 hari. Lokasinya berada di Blora, tepatnya perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perjalanan ditempuh kurang lebih 5 jam, ya cukuplah untuk menyimpan tenaga saat naik truk nanti. Naik truk? Yaps, jadi setelah perjalanan 5 jam kami akhirnya sampai di persimpangan antara jalan raya dan lokasi kami praktek. Jangan dibayangkan kami naik bus hingga kampus lapangan. Perjalanan ke lokasi bisa dijangkau dengan naik truk, untuk sampai di kampus lapangan pun kami harus bersabar karena jalan rusak parah serta memakan waktu 1,5 jam. Bayangkan kami berdesakan dengan jalan yang aduhay, sudah tidak ada bedanya dengan sapi-sapi yang biasa diangkut menggunakan truk -_-

Sesampainya di kampus lapangan sekaligus tempat kami tidur dan berkegiatan selama 24 hari, kami langsung menuju kamar yang sudah ditentukan dan tentunya istirahat! Eitss… Sebelum istirahat kami disambut oleh soto ayam dan teh hangat karya ibu-ibu dapur. Tanpa berlama-lama Irma langsung turun ke lantai satu (karena kamar Irma ada di lantai dua) untuk antre mengambil jatah makan. Ketika turun pun antrean sudah panjang, maklum setelah perjalanan panjang dan naik roller-coaster (lebay) kami kelaparan :p Dikarenakan lapar, soto ayam yang biasa-biasa saja jadi nikmat apalagi kami menyantapnya bersama-sama dengan teman-teman senasib hehe..

Malamnya tidur nyenyak? Siapa bilang!!

S_8317002109543
Petak 79 petaknya kelompok 3!

Setiap pukul 19.30 WIB kami berkumpul di Aula Tectona untuk mengadakan juknis sebagai persiapan pengambilan data lapangan esok hari. Setelah selesai juknis kami masih harus mengerjakan tugas mengenai PAK (Penataan Areal Kerja). Jadi, Irma bersama kelompok Irma (kelompok 3) dibagikan peta yang super lebar sampai karpet Aladin saja kalah. Lalu mulailah kami mengerjakan tugas tersebut. Busur, pensil, penghapus, kertas kalkir, milimeterblok, dan kawan-kawan pun kami keluarkan. Jam menunjukkan pukul 00.00 WIB, dan akhirnya kami dapat tidur di kamar kami masing-masing.

Ingin tahu hari kedua dan hari-hari berikutnya Irma dan teman-teman ngapain aja?

Next saja ke judul selanjutnya..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s