Mahasiswi Menuju Semester Tua: Organisasi, Kejenuhan, Hingga Cita-Ci(n)ta

Selamat memasuki semester 7! Mahasiswa tingkat “akhir” ya Ir!

Menjadi mahasiswa dengan semester yang makin bertambah adalah suatu pencapaian. Pencapaian yang diiringi rasa syukur karena sudah bisa berproses sejauh ini. Namun, disisi lain juga was-was, karena tanggung jawab untuk skripsian (baca skripsweet wkwk) dan menghadapi dunia kerja semakin dekat.

Jadi, Irma mau share bagaimana Irma menjadi mahasiswi tingkat “akhir” di fakultas Irma.. Yuk, simak baik-baik, dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya wkwkwk (halahh..)

1. ORGANISASI

crop kabinet

Bicara organisasi, Irma sudah lengser dari embel-embel jabatan apalah itu. Saatnya yang muda yang berkarya! Eits, tapi Irma masih punya tanggungan, menjadi “dewan penasihat” sebutannya. Ya memang tugasnya tidak se-pusing waktu menjadi pengurus dulu. Hanya mengawasi, menasihati, dan ngebawelin pengurus baru (wkwk so, harus tahan dengan omelan Irma ya wahai adik-adik sekalian. Toh, Irma ngebawelin karena nggak mau organisasinya jadi jelek kok). Ikut berorganisasi benar-benar memberikan pembelajaran bagi Irma. Banyak manfaat yang didapat, jadi tahu kondisi riil di lapangan, banyak berinteraksi dengan masyarakat luas, menambah relasi, dan yang pasti balance antara teori yang diberikan di bangku perkuliahan dan di dunia nyata. Ya, semacam mengaplikasikan dari teori yang sudah diajarkan. Jadi, ikut organisasi itu perlu! Tapi juga harus tahu kapasitas diri dan mampu membatasi mana organisasi yang penting dan tidak. Say no to KUPU-KUPU (baca: kuliah pulang kuliah pulang)!

2. ANAK “EVENT”

Maksudnya? Ya, karena sudah gabut maka mengisi kegabutan dengan cara menjadi panitia di event-event fakultas. Tetap sih nggak jauh-jauh dari dunia perdesainan, permediaan yang kadang-kadang sebenarnya bosan sendiri -_-. Sampai-sampai teman Irma ngomong “Makane Ir dikandani lereno! Malah dadi DDD neh! Sukur! (Makanya Ir, dibilangin istirahat kok malah jadi DDD lagi! Sukurin!”. Ya mau bagaimana lagi,  semester tua itu memang banyak gabutnya hehehe…

Eitss, satu lagi kalau ini bukan kepanitiaan sih, tapi semacam volunteer. Jadi, di acara ini Irma sebagai tim bakti sosial yang tugasnya menerima dan menyalurkan bantuan sosial yang nantinya diadakan pada saat PUPLH (Apa itu PUPLH? Ditunggu saja cerita Irma ya…). Bakti sosial ini semacam pengabdian masyarakat yang diadakan oleh fakultas Irma. Akhirnya, jiwa sosial Irma muncul wkwkw.. Anyway, bagi teman-teman yang sedang dalam proses mahasiswa/i tua manfaatkan waktu luang kalian dengan hal-hal yang bermanfaat!

3. (sumpah) JENUH!

Semakin tambah semester, semakin jenuh dan bosan! Tidak dapat dipungkiri, pasti ada perubahan dari semester awal yang rajinnya setengah mati lambat laun jadi mahasiswa mager. Dulunya anti banget sama dunia perbolosan dan per TA (titip absen) an, sekarang jadi berani (kalau ini jangan ditiru). It’s okay, Irma hanya menggunakan fasilitas membolos yang diberikan haha. Jadi di perkuliahan ada yang namanya minimal 75% kehadiran agar dapat mengikuti ujian, dan berarti setiap mahasiswa mempunyai jatah membolos maksimal 3 kali. Kalau bolos kamu ngapain Ir? Tenang kalau bolos Irma itu pasti tiduran di kosan. Nggak macam-macam kok, jenuh duduk di dalam ruangan.

IMG_9704.JPG

Namun, ada cara lain yang lebih efektif untuk menghilangkan kejenuhan ya kumpul bareng teman-teman yang sehobi dengan Irma! Entah itu main bareng, makan bareng, atau membuat proyek yang menghasilkan uang atau membuat karya misalnya. So, hilangkan kejenuhan teman-teman dengan melakukan hal yang positif dan membuat kalian happy 🙂

Ai_IMG_0019 copy.jpg

4. CITA-CI(n)TA

Sudah semester tua, harus memiikirkan juga tentang skripsi, mau lulus kapan, target kedepannya harus bagaimana. Jadi yang Irma lakukan adalah konsultasi ke dosen pembimbing akademik. Strategi apa yang harus dilakukan agar lulus tepat waktu, sharing-sharing bahkan cerita ringan dengan dosen pembimbing. Semua lebih plong kalau kia konsultasi ke dosen pembimbing, karena kalau Irma tanya-tanya ke kakak tingkat dan teman seangkatan tambah pusing sendiri. So, Jangan sungkan-sungkan untuk berbagi cerita ke dosen pembimbing, karena mereka adalah teman sekaligus orang tua kita selama duduk dibangku perkuliahan! Jangan hanya datang kalau butuh tanda tangan beliau saja ya..

Oh iya, Irma sedikit cerita jadi target Irma adalah lulus di semester 8 (meleset-meleset semester 9). Lalu inginnya penelitian di bidang apa? Ini yang membuat Irma bingung dan galau (lebay). Jadi Irma kepingin topik penelitian Irma itu antara pariwisata atau satwa liar. Doakan ya teman-teman segera diberikan pencerahan untuk memilih topik yang mana 🙂 Amin… Kalau masalah cita-cita ingin kerja apa, Irma sekarang tertarik bekerja di bidang media khususnya di Taman Nasional atau pun KLHK karena menurut Irma di jaman yang semua berbasis digital perlu sekali mengemas semua informasi TN dengan semenarik dan semaksimal mungkin dan dapat diakses oleh semua orang. Selain itu Irma juga punya cita-cita ingin bekerja di LSM yang bergerak di bidang konservasi satwa liar. Mohon doanya ya teman-teman 🙂

Masalah cinta? Manusiawi kalau perempuan tertarik dengan lawan jenis. Apalagi kita sudah duduk di bangku perkuliahan (makin banyak pilihannya wkwkwk -_-). Sebenarnya disini kuncinya adalah membangun relasi sebanyak mungkin dan mengenali karakter banyak orang. Kalau nantinya jadi suka atau naksir mah hal wajar, anggap saja jadi selingan dan penyemangat dari pikiran-pikiran yang membuat pusing. Have fun guys! Let it flow.. Sedikit saran saja ya teman-teman kalau masalah suka atau naksir atau menjalin hubungan atau apalah itu mending dengan kakak tingkat wkwk bukan apa-apa tapi mereka lebih dewasa, lebih menjanjikan dan lebih keren saja 😛

Semoga cerita singkat ini bermanfaat ya teman-teman! Selamat menjadi mahasiswa tua, nikmati dan jalani setiap prosesnya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s