Cerita Si Rubah yang Telah Beristirahat

Tanggal 9 Juni 2018 kemarin merupakan tepat 1 tahun FORESTATION kabinet Rubah Fakultas Kehutanan UGM melakukan rapat kerja. Kali ini ada yang berbeda, aku bersama teman-teman Rubah lainnya sudah demisioner. Kami sudah tidak menjabat lagi sebagai pengurus. Ya, tentu saja bagi Irma pribadi banyak cerita, canda, tawa, serta kenangan yang telah diukir bersama selama satu tahun kepengurusan. Apa saja ceritanya? Yuk, baca selengkapanya di bawah ini!

  • PUSING KEPALA PH

Apa itu PH? PH adalah singkatan dari Pengurus Harian, yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan kepala departemen. Setelah rapat kerja, kami sering berkumpul untuk membahas program kerja dan sebagainya. So, tak ayal kalau kami sering banget pusing kepala sampai-sampai ada grup line yang diberi nama p’cah ndase (pecah kepalanya).

  • BOLAK-BALIK BATURRADEN

Baturraden merupakan tempat kami melakukan penelitian selama satu periode kepengurusan. Tak terhitung berapa kali kami si Rubah bolak-balik Jogja-Baturraden untuk survei, melakukan pengamatan, maupun melakukan pengambilan data penelitian. Tidak terbayang betapa lelahnyanya fisik dan psikis kami. Keluar masuk hutan, badan pegal-pegal gara-gara naik motor dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama, ban bocor saat di perjalanan, hingga adegan marah-marah karena memang kondisi kita yang sudah lelah pun tak terhindarkan. Tapi ini yang membuat Irma rindu! 🙂

IMG_6018[1]

  • BENAR_BENAR BERPROSES

Menjadi pengurus di organisasi ini benar-benar mengupgrade Irma menjadi mahasiswa yang bukan saja dijejali oleh ilmu-ilmu teori, namun juga benar-benar praktik di lapangan. Mengerti masalah-masalah di dunia kehutanan secara nyata. Bahkan terkadang Irma bangga terhadap diri Irma karena dibandingkan teman-teman lain yang tidak ikut menjadi pengurus FORESTATION Irma punya kesempatan yang benar-benar bermanfaat. Benar-benar berproses, dari nol Irma tidak tahu apa-apa jika dihadapkan masalah dan berinteraksi pada banyak orang. Kalau seandainya diberikan kesempatan kembali untuk berproses di organisasi semacam ini sungguh Irma sangat bersenang hati 🙂

IMG_5157[1]

  • NANGIS BOMBAI

Satu tahun kepengurusan tentunya tidak hanya suka saja melainkan duka dan keluh kesah juga dirasakan. Momen nangis bombai ini terjadi sesaat sebelum kami demisioner. Kami melakukan introspeksi sekaligus evaluasi dari semua pihak baik pengurus maupun non pengurus. Irma masih ingat betul saat itu banyak sekali yang menangis, termasuk Irma sendiri hehehe. Alasanku menangis adalah karena terharu karena kita sudah bisa sejauh ini, yang Irma pikir awalnya ragu memegang jabatan sebagai pengurus harian. Alasan lainnya adalah masalah kecil yang lumrah dalam kepengurusan suatu organisasi antara kepala departemen dengan anggotanya.

  • MEDINFO DEPARTEMEN KESAYANGAN

Medinfo atau Media dan informasi merupakan salah satu departemen yang ada di FORESTATION dan pada kabinet Rubah ini Irma diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai kepala departemennya. Yaps, karena hobi Irma memang berkaitan dengan departemen ini jadi Irma memang benar-benar enjoy dan dari hati melakukan seluruh kegiatannya. DItambah lagi partner kerja Irma memang keren sekali. Awalnya Irma juga ragu bisa atau tidak merangkul anggota-anggota Irma untuk sukses menjalankan semua program kerja medinfo selama satu tahun kepengurusan. Sampai-sampai Irma konsultasi ke psikolog yang merupakan tante Irma sendiri (agak lebay, tapi ini benar-benar membantu). Apa yang didapatkan dari konsul itu? Yaps, banyak sekali diantaranya bagaimana membuat suatu kelompok itu kompak, bagaimana kita harus memahami karakter masing-masing dari anggota, bagaimana yang harus dilakukan ketika merasa jenuh, dan masih banyak lagi kebuntuan-kebuntuan yang terpecahkan.

_MG_9380

Banyak sekali cerita bersama medinfo, diantaranya adalah rela begadang di KFC demi mensukseskan terbitnya buletin padahal ada tugas kuliah yang lebih penting tapi malah dikesampingkan (mohon jangan ditiru ya). Cerita lain adalah cara kami mendekatkan satu sama lain, dengan cara sering kumpul bersama terutama hari Senin jam 13.00 WIB di Joglo fakultas (sumpah ini yang membuat susah sekali move on setelah demisioner). Kalau sudah jenuh yang kita lakukan adalah jalan bareng, jalan baren, sampai gosip bareng wkwkw. Nggak heran kalau departemen ini departemen teradem ayem pada jamannya.

IMG_8925.JPG

Setiap ada anggota medinfo yang ulang tahun pun selalu ada kejutan, meskipun sederhana tapi kami anti meanstream dan selalu penuh kefreakan. Mulai dari kado mesis, kado kamera dan kue virtual, membuat kartu ucapan dengan berbagai bahasa, dan membuat video ucapan ulang tahun padahal ulang tahunnya sudah kelewat 2 bulan yang lalu -_-. Masih banyak lag cerita-cerita seru bersama departemen ini, dan akhirnya kita membuat quotes “Kita (medinfo) ini keluarga, nggak ada rahasia-rahasiaan”. Jadi apapun kalau  masing-masing dari kita punya masalah atau punya cerita hukumnya wajib anggota lain tahu tapi dengan syarat tidak disebar luaskan pada teman-teman lain. Serta hebatnya meskipun medinfo Rubah telah demisioner kami tetap dikenang dan diperhitungkan dibeberapa proyek baik sekala kecil maupun besar (proud of you guys!).

RCFP2665.jpg

Itu tadi segelintir kisah Irma bersama si Rubah, sekarang si Rubah telah berada di ujung perjalanannya. Rubah yang dulu berlari dengan kencang kini telah sampai di tujuan. Namun, bukan berarti jiwa-jiwa Rubah terhenti sampai disini. Tetaplah menjadi agen peRUBAH di tempat manapun kalian berada teman. Tetap semangat! Terima kasih telah mewarnai satu tahun Irma dalam berproses 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s