Jadi Mahasiswa Jogja? Menikmati Indahnya Jogja Wajib Hukumnya!

Hai.. hai.. kali ini Irma kembali berkicau setelah berpusing-pusing dengan aktifitas sebagai mahasiswa semester lima (sebenarnya saat ini masih pusing sih) wkwk.. Tenang saja pasti Irma akan membagikan cerita kepusingan Irma di semester ini, tapi gak sekarang yaa.. Tunggu tanggal mainnya!!

Yuk, lanjut fokus sesuai judul yang sudah Irma buat di atas…

Yapss.. kalian saat ini menjadi mahasiswa di Jogjakarta? Mahasiswa baru?? Atau mahasiswa menuju abadi (baca mahasiswa lama)? Kalau iya, kalian harus menjelajahi sekaligus mengenali deretan tempat indah dan murah sesuai kantong mahasiswa ya 🙂

Berikut adalah tempat-tempat yang sudah pernah Irma datangi selama menjadi mahasiswa di Jogjakarta.. Yuk, intip keseruannya 🙂

  1. Pantai Greweng Gunung Kidul

Ini merupakan jalan-jalan kedua saat Irma jadi maba alias mahasiswa baru tahun 2015. Jalan-jalan pertama juga dilakukan di pantai, tapi sayangnya lupa nama pantainya apa haha -_- So, Irma ceritain tentang pantai Greweng aja ya. Jadi pantai ini terletak di deretan pantai-pantai di Gunung Kidul, untuk menuju ke lokasinya perlu melewati jalan setapak, berbatu bahkan persawahan. Sehingga tak ayal jika sering menemui banyak kandang-kandang ternak disepanjang jalan menuju lokasi pantai. Setelah perjalanan lewati gunung-lewati lembah (halah lebay) akhirnya kami sampai di lokasi, pantainya masih sepi dan alami. Tak banyak pengunjung disana. Bahkan untuk tempat ganti saja tidak ada, tapi jangan khawatir bagi teman-teman yang lapar masih dijumpai kok dua sampai tiga tenda pedagang. Vitamin sea!!! Pantai pribadi!! Yaps, rasa lelah terbayarkan dengan pemandangan dan kondisi pantai yang benar-benar masih alami 🙂

  1. Gardu Pandang Kaliurang

Siapa yang tidak tahu dengan wisata Gardu Pandang Kaliurang? Pasti semua tahu kan? Gardu Pandang Kaliurang merupakan wisata di area Gunug Merapi. Kapan Ir kesini? Lagi-lagi waktu maba tapi kali ini konteksnya makrab (malam keakraban) salah satu UKM di fakultasku. Sambil menyelam minum air, sambil makrab sekalian jalan-jalan boleh lah ya…

1444554907318

  1. Gembira Loka

Ke kebun binatang? Mau ngapain Ir? Kurang kerjaan ah, gak jaman now banget! Halah, berisik!!!!!! Memang dari dulu Irma senang aja kalau lihat hewan-hewan, rasanya adem kalau bertemu mereka.. Menurut Irma kebun binatang ini salah satu kebun binatang terbersih dan terawatt jika dibandingkan dengan kebun binatang lain yang sudah pernah Irma datangi.

  1. Taman Sari

Menjelajah Taman Sari dengan Trans Jogja! Demi ke Taman Sari, aku bersama seorang temanku rela berpanas-panasan setelah keluar dari shelter TJ. Pasalnya tidak ada seorang pun dari kami yang membawa kendaraan pribadi, hanya bermodalkan GPS kami memasuki gang-gang kecil. Karena saat itu sore hari maka kami tidak dipungut biaya dan juga factor ada bapak-bapak yang dengan senang hati menjadi tour guide kami. Beliau bercerita banyak tentang sejarah Taman Sari, sampai kami lupa belum berkenalan dan memberikan imbalan bagi si bapak. Well, dimana pun bapak berada terima kasih ya pak dengan senang hati bapak mau menjadi tour guide kami.. Sehat terus pak..

  1. Art Jog

Kalau kalian ngaku anak artsy  banget pasti sudah tak asing dengan even tahunan Art Jog. Salah satu pameran seni yang menurut Irma hasil karya-karya yang dipamerkan keren abiss..

  1. Trip to Kalasan and Ratu Boko Tample

Yuhu.. It’s time with teman-teman kosan.. Saat itu di kampusku masih ada acara penyambutan mahasiswa baru 2016, jadi kami yang bukan maba belum ada kegiatan perkuliahan. Alhasil kami jalan-jalan menikmati bangunan-bangunan kuno Jogja. Dimulai dari Candi Kalasan dan berakhir ke Candi Ratu Boko. Meskipun gerimis turun samar-samar tetap saja kami menikmati keindahan candi-candi ini. Awalnya kami berencana menikmati sunset di Ratu Boko, tapi apa mau dikata awan mendungnya tebal.

  1. Puncak Becici

IMG_6885IMG_6941

Penasaran dengan hutan pinus yang ada di Jogja, akhirnya aku bersama temanku nekat ke Bantul mengendarai sepeda motor berdua. Jalan menuju Puncak Becici lumayan ekstrem dengan jalan yang berkelok-kelok tajam. Lagi-lagi hanya bermodalkan GPS HP karena kami berdua meamng belum pernah ke lokasi tersebut. Mungkin memang Puncak Becici sudah terkenal sehingga pengunjung yang datang pun juga banyak, bahkan semakin sore pengujung pun semakin berdesakan (faktor mengejar sunset Ir!).

  1. Pintu Langit Dahromo

Jalan-jalan kali ini memang super duper mendadak. Awalnya memang tidak ada rencana untuk jalan-jalan, ide ini muncul saat makan nasi padang tiba-tiba lihat salah satu instagram temanku yang mengunggah foto di Pintu Langit Dahromo dan nyeletuklah aku “ayok kesini” lalu setelah selesai makan nasi padang berangkatlah kami ke tempat tersebut. Simpel kan?!! Wkwkwk. Lokasi ini masih terbilang baru masih, untuk masuknya pun hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 per sepeda motor. Di Pintu Langit Dahromo ini kalian bisa melihat Bantul dari ketinggian dan untuk kalian yang kekinian banget tidak usah khawatir karena banyak spot foto keren.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

  1. Hutan Pinus Pengger

Setelah mengunjungi Pintu Langit Dahromo, kami lalu melanjutkan jalan-jalan super duper mendadak ini ke Hutan Pinus Pengger. Sama halnya dengan Puncak Becici, di lokasi ini sudah dibilang ramai dengan pengunjung. Tapi untuk pinusnya masih lebat di hutan Pinus Pengger. Lokasinya yang berdekatan antara objek wisata yang satu dengan yang lainlah yang membuat kami terlena untuk mampir ke Pengger ini. Disini selain hutan pinus, juga terdapat anyaman-anyaman raksasa yang terbuat dari ranting-ranting pohon pinus.

IMG_7070.JPG

  1. Pantai Watulawang, Gunung Kidul

Akhirnya ke pantai lagi!!!! Yaps, sebenarnya tujuan ke Pantai Watulawang ini adalah beach camp kelompok pengamat, peneliti, pemerhati ekowisata di fakultas kehutanan. Jadi sudah bias dibayangkan jika kami bermalam di tenda menikmati angina dan deburan ombak. Api unggun, bakar-bakar, bertukar cerita dan yang pasti adalah tenda kebanjiran akibat semalam diguyur hujan. Keesokan harinya Irma bersama teman-teman melakukan interpretasi terhadap pengunjung pantai, dan berakhir dengan foto-foto ceria hahaha

  1. Curug Grojogan Sewu

Yuk, main ke Kulonprogo! Untuk mencapai lokasi ini memang perlu waktu yang lumayan lama. Tapi jangan patah semangat terlebih daluhulu karena selama perjalanan akan disuguhi indahnya pemandangan Kulonprogo yang gak bakal ditemui di sembarang tempat. Namun, sayangnya jalan disekitar lokasi curug lumayan susah, jalannya pun belum aspal. Untuk retribusinya sendiri hanya membayar kalau tidak salah Rp 10.000,00 per orang. Oh, iya FYI aja Irma jalan-jalan ke curug ini juga masih bersama teman-teman ekowisata lho…

BOPS3291.jpg

So, itu tadi tempat-tempat indah yang sudah pernah Irma kunjungi selama menjadi mahasiswa perantauan di Jogjakarta. Selagi teman-teman menjadi mahasiswa di kota pelajar ini yuk jelajahi sekaligus kenali keindahan Jogjakarta. Katanya tak kenal maka tak sayang, kalau kalian mengenal keindahan Jogjakarta, pasti kalian akan menyayangi Jogjakarta samapai kapan pun. Eittsshh… jangan lupa jangan sekali-sekali nyampah ya ketika kalian jalan-jalan! Sayangi lingkungan ya mantemansss 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s