Kalian Pilih Minat Apa di Fakultas Kehutanan?

Well, it’s time to PEMINATAN…..

Masih pada bingung peminatan ini maksudnya apa? Jadi, peminatan ini dilakukan pada akhir semester tiga di Fakultas Kehutanan UGM dimana mahasiswa diberi kesempatan untuk memilih salat satu dari minat yang ada sebagai wadah untuk mempelajari bidang kajian yang ingin didalami.

Cara gampangnya sih tinggal kalian isi blangko peminatan, tulis sesuai dengan urutan minat yang diinginkan, kumpulkan, dan selesai. 😀 Nyatanya tidak semudah itu, harus benar-benar dipikirkan minat mana yang ingin kita dalami. Jangan sampai salah minat kemudian malah mempersulit diri sendiri dalam menyelesaikan perkuliahan. Hmmm.. butuh semedi di kutub utara, puasa Senin-Kamis, gulung-gulung di kamar kos… (Haishh lebay -_-). Ya intinya sih harus benar-benar yakin mau minat apa dan yang penting juga harus dapat restu dari orang tua wkwk.. Serasa SNMPTN untuk yang kedua kalinya guys :).

Sebenarnya apa saja syarat agar kita masuk pada minat yang diinginkan?

Waktu sosialisasi peminatan yang lalu dijelaskan bahwa syaratnya meliputi:

  1. Pilihan mahasiswa (urutan pilihan 1-4)
  2. Nilai mata kuliah untuk kompetensi minat
  3. Kuota nasing-masing minat
  4. Rangking mahasiswa
  5. Apabila rangking mahasiswa sama dilihat IPKnya

Lalu, apa saja minat yang ditawarkan di FKT?

Jadi di Fakultas Kehutanan UGM menawarkan pada mahasiswa  empat minat, yaitu Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan, Departemen Manajemen Hutan, Departemen Silvikultur, dan Departemen Teknologi Hasil Hutan.

  1. Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan (KSDH)

Untuk dapat masuk dalam departemen ini nilai yang diperhitungkan adalah mata kuliah Konservasi Tanah dan Air, Dasar-Dasar Konservasi, dan Ekologi Hutan. Departemen ini punya perhatian yang fokus pada penyelamatan, perlindungan, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hutan secara lestari. Departemen ini punya laboratorium yang kece-kece lho, ada laboratorium ekologi hutan, laboratorium pengelolaan DAS (cocok untuk kalian yang suka main air hehe:)), laboratorium kepariwisataan alam (yukk yang suka berpetualang sampai jarang pulang cocok dah wkwk), laboratorium satwa liar (yuk merapat bagi yang suka nonton NatGeo Wild) dan laboratorium pelestarian alam.

  1. Departemen Manajemen Hutan (MH)

Mata kuliah prasyaratnya yaitu Pengukuran Sumberdaya Hutan, Inventarisasi Sumberdaya Hutan, dan Manajemen Sumberdaya Hutan. Bagi yang ingin jadi manager muda langsung pilih minat ini ya :). Departemen ini mempunyai laboratorium perencanaan pembangunan hutan, laboratorium ekonomi sosial kehutanan, laboratorium komputer dan biometrika (cocok nih untuk teman-teman yang suka matematika dan hitungan), laboratorium pemanenan hasil hutan, dan laboratorium sistem informasi spasias dan pemetaan hutan (salah satu lab kece versi penulis wkwk karena pegangannya GPS dan bayangin aja kita bisa memetakan wilayah hutan yang luas guys).

  1. Departemen Silvikultur (BDH)

Untuk dapat masuk dalam departemen ini nilai yang diperhitungkan adalah mata kuliah Ilmu Tanah Hutan, Fitogeografi, dan Silvikultur. Departemen ini melahirkan tokoh-tokoh inspiratif yang menggagas sekaligus membentuk Wanagama, Gunung Kidul, keren kan? Laboratoriumnya terdiri dari laboratorium silvikultur dan agroforestry, laboratorium perlindungan dan kesehatan hutan (hutan aja dilindungi apalagi kamu 😛 wkwk), dan laboratorium fisiologi dan tanah hutan.

  1. Departemen Teknologi Hasil Hutan (THH)

Mata kuliah prasyaratnya adalah Anatomi dan Identifikasi Kayu dan Sifat-Sifat Dasar Kayu. FYI Jokowi dulu dari departemen THH juga lho, siapa tahu teman-teman jadi the next Jokowi :). Terdapat 6 laboratorium, yaitu laboratorium struktur dan sifat kayu (yang suka fisika dan mekanika mari merapat), laboratorium pengeringan dan pengawetan kayu, laboratorium penggergajian dan papan majemuk, laboratorium kimia dan serat kayu (kimia holic mana suaranya?? wkwk), laboratorium kasil hutan non kayu, dan laboratorium energi kayu.

Itu tadi uraian singkat tentang minat yang ditawarkan di FKT UGM, semoga memberikan sedikit gambaran bagi teman-teman yang ingin masuk di fakultas kehutanan maupun untuk teman-teman sesama pejuang peminatan :). Well, apapun minatnya tetap kok lulus jadi S.Hut :). Doakan Irma masuk minat pilihan pertama yaaa, aminnnn….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s