Sarjana Kehutanan Kerja Apa?

Halo kawan-kawan semua, akhirnya blog ini ada postingan baru hehehe🙂

Berhubung jadwal penerimaan mahasiswa baru sudah semakin dekat, saya ingin berbagi informasi mengenai prospek kerja diprogram studi Kehutanan. Masih banyak orang awam mengira bahwa menempuh pendidikan di fakultas ini tidaklah se-elite difakulas ekonomi, hukum maupun kedokteran. Bahkan sedikit cerita, dahulu saya sering diejek “kok Kehutanan? mau jadi apa orang utan ya?”. Tapi sebenarnya di Kehutanan kita mendapatkan pelajaran yang sangat berharga tidak sekedar hanya mengenai cara bagaimana merawat dan melestarikan sektor hutan, terdapat pelajaran yang berharga dan belum tentu didapat oleh mahasiswa di fakultas lain.

Berikut ini beberapa prospek pekerjaan di bidang Kehutanan, semoga bisa membantu sekaligus memberikan pencerahan bagi teman-teman yang masih bingung untuk menentukan prodi di perguruan tinggi ya ^^

  1. Silviculture and Reforestation

Silvikultur bukan hanya sekedar menanam pada lahan yang subur saja, namun Silvikultur juga tentang bagaimana kita mengubah hambatan lahan bekas tambang menjadi peluang untuk menghijaukannya kembali. Sehingga pekerjaan ini dapat berkolaborasi dengan ahli lingkungan atau denan teknisi lingkungannya, selain itu juga dapat bekerja di Perum PERHUTANI dengan mengembangkan sistem silvikultur untuk mendapatkan tegakan yang berkualitas.

  1. Sales and Marketing

Kerja di Kehutanan tidak selalu pergi ke hutan dengan kerja yang berat. Menjadi sales and marketing contohnya, disini kita bisa memasarkan produk hutan apa saja yang kita miliki misalnya saja di PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan di PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia tbk.

  1. Technologists and Technical

Bekerja dibidang ini berkaitan dengan teknologi dan teknik yang selalu terbarukan, intinya pekerjaan yang dilakukan adalah bagaimana kita cara kita mengolah hasil hutan yang sudah ada.

  1. Wildfire firefighting

Pekerjan ini sungguh mulia karena sebagai penggerak untuk melawan kebakaran hutan, terkadang mereka yang bekerja sebagai wildfire firefighting terjun langsung ke lokasi terjadinya kebakaran hutan untuk mematikan titik api yang ada dan dibantu oleh polisi hutan yang ada.

  1. Accounting

Sama halnya dengan sales and marketing, bekerja sebagai akuntan juga dapat dilakukan oleh lulusan Kehutanan.

  1. Conservation and Fisheries

Bekerja di taman nasional dan balai konservasi sumber daya alam. Selain itu juga dapat bekerja di WWF, Greenpeace, bahkan dapat membuat sendiri LSM yang terkait dengan bidang konservasi flora dan fauna langka.

  1. Consultants

Pekerjaan sebagai konsultan Kehutanan pada perusahaan tambang untuk menghijaukan embali daerah bekas tambang, kakak tingkat saya pernah berkata bahwa setiap perusahaan harus memiliki minimal 1 konsultan Kehutanan. Selain itu bekerja di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga merupakan prospek kerja bagi lulusan Kehutanan.

Jadi, sarjana Kehutanan seharusnya tidaak perlu bingung ingin bekerja dimana setelah lulus. Bidang kerja lulusan Kehutanan sangat luas. Sebenarnya masih banyak prospek kerja dan perusahaan-perusahaan yang ditawarkan bagi sarjana Kehutanan. Mulai dipikirkan lagi ya kawan-kawan untuk memilih prodi di PTN maupun PTS, semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s