Mata Kuliah Semester I Fakultas Kehutanan UGM

Bagi kawan-kawan yang ingin tahu ataupun yang masih bingung apa saja mata kuliah semester I fakultas Kehutanan UGM, berikut adalah uraiannya:

  1. Bahasa Inggris = 2 SKS
  2. Pendidikan Pancasila = 2 SKS
  3. Pendidikan Agama = 2 SKS
  4. Ilmu Tanah Hutan = 2 SKS
  5. Fitogeografi = 2 SKS
  6. Biologi Umum = 2 SKS
  7. Biometrika Hutan = 2 SKS
  8. Pengantar Ilmu Kehutanan = 2 SKS
  9. Praktikum Ilmu Tanah Hutan = 1 SKS
  10. Praktikum Pengantar Ilmu Kehutanan = 1 SKS
  11. Praktikum Biometrika Hutan = 1 SKS
  12. Praktikum Biologi Umum = 1 SKS
  13. Praktikum Fitogeografi = 1 SKS

Berbahagialah bagi kalian masuk di Fakultas Kehutanan, khususnya yang kurang menyukai hitungan karena tidak ada lagi matematika murni, kimia murni dan fisika murni. Hanya ada beberapa ilmu terapannya saja dan itu pun sangat dasar seperti materi statistika yang akan dipelajari pada mata kuliah Biometrika Hutan. Untuk mata kuliah fitogeografi mempelajari sebaran tumbuhan di bumi dan FYI siap-siap untuk menghafal berbagai pohon ya ^^ untuk tahunku menghafal 69 jenis pohon beserta ciri-cirinya. Praktikum Ilmu Tanah Hutan dilakuakan di laboratorium namu pada akhir praktikum dilakukan praktikum lapangan di Gunung Kidul dimana kita mengamati tanah yang ada di setiap tempat. praktikum Pengantar Ilmu Kehutanan dilakukan di Wanagama selama 4 hari dan bernama Forestcamp. Bagi kawan-kawan yang suka menggambar dapat disalurkan di dalam praktikum Fitogeografi dimana kita harus menggambar berbagai bentuk daun, bunga, dan buah. Sama halnya dengan ITH, Fitogeografi juga mengadakan praktikum lapangan dengan menelilingi beberapa fakultas di UGM dengan maksud mengenali tumbuhan yang ada disana. Ilmu dasar yang harus dikuasai adalah Biologi.

Iklan

11 Comments Add yours

  1. thanks infonya irma btw masih inget aku? πŸ˜€

    1. irmakinanthi berkata:

      Oke sama-sama Ardhan πŸ™‚ anak OKI bukan sih? Diterima di kehutanan ya?

  2. Athfi lisjayanti berkata:

    Hai kak
    Mau tanya yang bisa ambil fakultas kehutanan jurusan apa??
    Makasih kak

    1. irmakinanthi berkata:

      Dari IPA atau nggak SMK Kehutanan setauku πŸ™‚

    2. irmakinanthi berkata:

      Dari IPA atau nggak SMK Kehutanan setauku πŸ™‚

  3. Nalendra Edwin berkata:

    kalo dari SMK selain kehutanan bis nggk kak masuk FKT UGM ?

    1. irmakinanthi berkata:

      Kalau bukan dari smk kehutanan mungkin susah buat yang snmptn, tapi dicoba aja lewat jalur yang sbm atau jalur um ugmnya… selama ada usaha gak ada yang gak mungkin kok, semangat πŸ™‚ FYI aja, temenku yang anak d3 pengelolaan hutan dari jurusan ips aja bisa masuk padahal basic ilmu kehutanan kan ipa

  4. Vuta berkata:

    Hai mb irma.
    Sy mau tanya… Apakah di UGM ada sub jurusan ekologi dan menajemen satwa Liar?

    Kalo di fak kehutanan IPB, ada jurusan konservasi hutan kemudian di semester 3 ada pilihan lagi yaitu disebwutnya divisi. Salah satu divisinya ekologi dan manejemen satwa liar.

    1. irmakinanthi berkata:

      Kalau di UGM sistemnya peminatan di akhir semester, ekologi dan manajemen satwa liar masuknya di minat departemen Konservasi Sumberdaya Hutan. Tapi itu masuk dalam labnya, ada lab ekologi sendiri dan lab satwa liar sendiri.. So, kalo mau ketemu sama ekologi dan manajemen satwa liar harus masuk minat KSDH dulu

      1. Vuta berkata:

        Peminatan satwa liar itu di semester brp, mb?

        Berarti ekologi satwa liarnya merupakan mata kuliah/lab dr KSDH ya… bukan divisi yg khusus mempelajari ekologi satwa liar..

        Boleh minta mata kuliah per semester di KSDH, mb?

        Terimakasih telah berkenan menjawab pertanyaan sy

      2. irmakinanthi berkata:

        peminatan di akhir semester 3, iya langsung pilih aja minat KSDH disitu sudah mencakup baik ekologi, satwa liar, daerah aliran sungai, kepariwisataan sama pengelolaan kawasan konservasi.. kalau emang minatnya di satwa ya tinggal ambil matkul2 yg berbau satwa

        Kalau udah peminatan, gk ditentuin matkul per semesternya. Cuma ada matkul wajib minat sama bebas minat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s