Review Tugas PPSMB PALAPA 2015

World Class University Mengacu pada Cyber Campus

Saat ini dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi berlomba-lomba untuk menyadang status “world class university”, hal tersebut dilakukan dengan menjadikan kampusnya sebagai kampus yang berbasis teknologi dan mengacu pada cyber campus.

Dalam imajinasi saya cyber campus adalah metode pembelajaran baru dengan menggunakan perangkat elektronik sebagai penghubungnya. Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya. Misalnya saja dalam pengisian KRS, dengan cyber campus mahasiswa dapat menginput KRS dimanapun mereka berada. Mahasiswa juga dapat mengecek presensinya serta mengecek perkembangan nilai pribadi mereka.

Penerapan e-learning dalam cyber campus juga menjadi penunjang bagi mahasiswa untuk mendapatkan materi secara mudah, bervariasi, dan lagi-lagi dimanapun mereka berada dapat mengaksesnya tanpa merasa malu untuk mengutarakan pertanyaan karena bisa langsung ditanyakan di e-learning tersebut.

Di balik kemudahan yang kita dapatkan dari cyber campus terdapat pula kelemahan yang diataranya ialah tidak terbangunnya interaksi sosial secara langsung antara dosen/pendidik dengan mahasiswa yang dikarenakan tidak ada tatap muka dalam perkuliahan. Menurut buku yang berjudul Quality Assurance in Distance Education and E-learning, Korea merupakan negara pertama yang mengenalkan konsep cyber campus. Menurut mereka biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dan sekaligus lebih murah daripada model kampus tradisional yang ada pada umumnya. Namun, seperti itukah jika diterapkan di Indonesia yang notabene masih dalam negara berkembang? Sudahkah akses tersebut memadahi dan bebas dari kendala? Bagi mereka mahasiswa dengan ekonomi orang tua menengah ke bawah tentu menjadi mahal ketika mereka tidak punya perangkat elektronik pendukung.

Kesimpulannya adalah sistem kampus berbasis teknologi pasti akan diterapkan oleh perguruan tinggi namun perlu adanya peninjauan ulang dan perhatian khusus pada hal-hal kecil yang berkaitan dengan cyber campus tersebut sehingga sistem ini berjalan dengan baik dan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s