Persiapan OKI 2015

Ada yang tahu gak OKI itu singkatan dari apa?

Kalau masih ada yang belum tahu ini nih singkatannya “Olimpiade Kehutanan Indonesia”

Kegiatan ini diselenggarakan diselenggarakan dua tahun sekali bagi siswa-siswi SMA/K seluruh Indonesia oleh Fakultas Kehutanan tepatnya oleh KMMH (Keluarga Mahasiswa Manajemen Hutan) Universitas Gadjah Mada. Kebetulan tahun ini aku beruntung bisa mengikuti acara keren dan langka ini, seleksi awalnya itu bikin grup masing-masing dua orang terserah deh mau laki-laki atau perempuan semua boleh, mau campur laki perempuan juga boleh. Nah, grupku kebetulan anggotanya perempuan semua temanku itu namanya Devita Via Senzas panggil saja Devita. Tema esai kali ini adalah “Hutan, Kehutanan, dan Masyarakat Indonesia” dan esai grupku berjudul “Upaya Penerapan Penanaman Jati (Tectona grandis) dengan Cabai (Capsicum annum) Berbasis Sistem Agroforestri Sederhana dalam Rangka Mengembalikan Fungsi Hutan Kemasyarakatan Kesamben.”

Persiapan awal sih cari literatur dari berbagai sumber yaitu dari buku, jurnal ilmiah, dan website resmi. Lalu kemudian kita juga melakukan survei lapangan tepatnya di KPH Kesamben, tempat dimana kita akan mengulas berbagai masalah yang ada. Selain itu kami juga rutin berkonsultasi pada guru pembimbing untuk terus memperbaiki esai agar lebih baik lagi.

IMG_3273 IMG_3277IMG_3278IMG_3275

Setelah itu kita mendaftarkan diri sekaligus mengirimkan esai secara online, pengiriman tersebut tidak dikenakan biaya pendaftaran alias gratis namun jika nanti sudah pengumuman dan lolos baru kita dikenakan biaya sebesar Rp 200.000,00 karena aku dan temanku sudah kelas XII kami juga harus membagi waktu antara belajar OKI dan belajar untuk menghadapi UN, sehingga sembari menunggu pengumuman OKI kami juga harus belajar dengan sungguh-sungguh untuk UN.

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba saat aku membuka web lalu melihat namaku ada dan dinyatakan lolos seleksi esai langsung deh aku kegirangan jingkrak-jingkrak gak karuan, tak lupa juga aku ngasih tahu temanku dan juga pembimbingku dan itu artinya kami akan pergi ke Jogja untuk menyelesaikan tahapan berikutnya. Namun, yang seharusnya kita berangkat tanggal 9 Februari jadi diundur karena ada kendala teknis dari panitia tanggal acara diundur cukup lama menjadi tanggal 27 April yang artinya itu diselenggarakan selepas UN dan waktu aku sudah free yeee….. Ada untungnya juga sih aku jadi bisa lebih fokus belajar buat UN🙂

Oke next ke cerita selanjutnya, ditunggu ya…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s