Contoh Karangan Argumentasi

Pengaruh Televisi pada Anak

 

Televisi merupakan media elektronik yang memiliki banyak saluran atau chanel dengan berbagai program tayanganyang dapat ditonton penikmatnya. Penikmat televisi pun dari berbagai kalangan, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Namun dengan semakin banyaknya program tayangan yang ada, televisi dapat menimbulkan berbagai masalah khususnya masalah pada anak.

Program-program acara televisi semakin lama tidak mementingkan unsur-unsur mendidik melainkan hanya sebagai hiburan semata. Terutama sinetron-sinetron anak yang di dalamnya terdapat adegan berkelahi hingga kisah percitaan yang sebenarnya belum pantas disaksikan oleh anak-anak.

Bagi orang dewasa, mungkin apa yang ditampilkan oleh televisi itu bukanlah sebuah masalah besar sebab mereka sudah mampu memilih memilah, dan memahami apa yang dilihat pada layar televisi lain halnya dengan anak-anak. Belum tentu mereka mampu mengerti dan memahami apa yang mereka saksikan di layar televisi dengan tepat dan benar. Dengan kepolosannya bisa saja mereka meniru apa yang telah ia saksikan sebelumnya.

Contohnya saja film anime Jepang Naruto yang menyebabkan anak-anak lebih suka berkelahi menirukan adegan-adegan yang ada. Contoh lainnya ialah film kartun Crayon Sinchan yang tayang setiap hari Minggu ini. Kartun ini memang digemari oleh anak-anak di Indonesia, namun sosok Sinchan tidak cocok untuk dijadikan teladan bagi anak-anak karena ia selalu memikirkan perempuan-perempuan yang mengarah pada pola pikir kedewasaan.

Disamping itu, terkadang orang tua jarang memperhatikan dan jarang ikut menonton tayangan-tayangan televisi yang sesuai dengan usia anaknya. Padahal peran serta kejelian orang tualah yang diperlukan untuk memberikan pengertian dan penjelasan bila anak tidak mengerti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s